Jenis Linen Yang Digunakan Untuk Melakukan Tindakan Operasi

Kamar operasi sebagai salah satu tempat untuk melakukan operasi harus memiliki perlengkapan atau biasa kita sebut dengan logistik. Istilah Logistik di kamar operasi berbeda dengan istilah logistik seperti yang kita bayangkan. Logistik yang dimaksud salah satunya adalah linen. Setiap kita melakukan operasi pasti menggunakan apa yang dinamakan dengan linen ini.

Linen kamar operasi terdiri dari beberapa macam sesuai fungsi dan tujuan pembuatan linennya. Bentuk dan ukurannya pun bervariasi. Berikut akan saya jelaskan beberapa macam linen yang lazim di kamar operasi :
1. Jas Operasi
Jas operasi adalah semacam baju yang dipakai oleh TIM Bedah. Yang memakai jas ini adalah operator, asisten operatorb, dan instrumentator. Tapi kadang anestesor juga memakai jas operasi pada saat akan melakukan pembiusan pada kasus operasi tertentu, misalnya operasi jantung. Setiap operasi biasanya menggunakan jas operasi 3 buat atau disesuaikan dengan kebutuhan.

2. Duk Sedang
Duk sedang biasanya berukuran minimal 1,5 meter x 1,5 meter. Jumlah duk ini berjumlah minimal 5 buah atau sesuai kebutuhan.

3. Duk Kecil
Duk kecil biasanya berukuran minimal 1 meter x 1 meter.Jumlah duk ini berjumlah minimal 1 buah atau sesuai kebutuhan.

4. Duk Lubang
Duk Lubang sesuai namanya, duk ini terdapat lubang yang berada di tengah duk tersebut. Jenis lubangnya pun bervariasi ada yang melingkar dan kadang ada yang persegi panjang. Duk ini biasanya berjumlah 1.

5. Duk Bungkus
Duk ini digunakan untuk membungkus linen no 1-4. Duk ini biasanya berjumlah 1.

Anda menemukan artikel ini dengan kata kunci (keyword):

jenis linen (33),fungsi duk lubang (26),ukuran duk operasi (21),jenis-jenis linen (18),yhs-1 (14),macam macam linen dan fungsinya (13),jenis jenis duk rumah sakit (1),macam dan fungsi duk pada kesehatan (1),macam macam duk bedah (1),paket linen kamar oprasi (1)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *