Colonoscopy Perdana Di RSU PKU Muhammadiyah Bantul Berjalan Sukses

colonoscopy

Alhamdulillah, di akhir bulan Agustus 2013 RSU PKU Muhammadiyah Bantul telah sukses melakukan colonoscopy perdana. Colonoscopy ini dilakukan oleh dr. Neneng Ratnasari, Sp.PD beserta tim kamar bedah RSU PKU Muhammadiyah Bantul. Pemeriksaan ini berjalan sekitar setengah jam di Ruang OK 3 RSU PKU Muhammadiyah Bantul.

Kolonoskopi (colonoscopy) adalah suatu prosedur yang memungkinkan seorang pemeriksa (biasanya seorang gastroenterolog) untuk mengevaluasi bagian dalam kolon (usus besar). Kolonoskop adalah tabung panjang yang fleksibel setebal jari yang memiliki kamera dan sumber cahaya di ujungnya. Ujung kolonoskop dimasukkan ke anus dan kemudian dimajukan perlahan, di bawah kontrol visual, ke dalam rektum dan melalui usus biasanya sejauh sekum, yang merupakan bagian pertama dari usus besar.

Kolonoskopi dilakukan karena berbagai alasan. Paling sering prosedur ini dilakukan untuk menyelidiki penyebab darah dalam tinja, nyeri perut, diare, perubahan kebiasaan buang air besar, atau suatu kelainan yang ditemukan pada sinar-X kolon atau tomografi terkomputerisasi (CT scan). Pasien dengan riwayat polip atau kanker usus besar dan riwayat keluarga dengan beberapa jenis masalah kolon yang mungkin terkait dengan kanker usus besar (seperti ulcerative colitis dan polip kolon) mungkin disarankan untuk menjalani kolonoskopi periodik karena risiko mereka lebih besar untuk polip atau kanker usus besar. Seberapa sering mereka harus menjalani kolonoskopi tergantung pada tingkat risiko dan kelainan yang ditemukan di kolonoskopi sebelumnya. (sumber: kamuskedokteran.com).

Colonoscopy ini dilakukan dengan menggunakan alat yang dimasukan lewat anus, alat ini dilengkapi dengan camera sehingga kita dapat melihat secara jelas keadaan colon dan apabila terdapat kelainan dapat terdeteksi secara cepat dan akurat. Colonoscopy merupakan layanan unggulan di RSU PKU Muhammadiyah Bantul disamping Endoscopy, Laparascopy dan URS.

Anda menemukan artikel ini dengan kata kunci (keyword):

biaya colonoscopy (112),biaya pemeriksaan colonoscopy (71),biaya kolonoskopi 2016 (55),biaya kolonoskopi 2015 (46),biaya colonoscopy 2015 (33),biaya kolonoskopi (26)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *